Ga Cuma di Jepang, Klaten juga Punya Sungai Jernih & Penuh Ikan

DOLANYUKS - Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Tengah merepost sebuah twit yang disana menyebutkan bahwa selokan jernih dengan ikan tidak hanya di Jepang namun di Indonesia tepatnya Klaten juga ada. Sungai itu memiliki panjang 100 meter, dimana setiap petak memiliki panjang 20 meter dan lebar 5 meter. Satu petak diisi 1 ton benih ikan yang dalam 4 bulan kemudian menjadi 20 ton. Watergong sendiri adalah Rumah Makan sekaligus tempat wisata yang terkenal di Klaten.

Hidangan utama di sana adalah Ikan, baik dalam bentuk bakar maupun hidangan lainny, ada juga menu lain seperti pecel dan sayuran.
"Untuk hidangan kami ambil ikannya dari situ. Tapi karena terlalu banyak ada juga yang dijual." - kata Bagong.
Pengunjung hanya perlu membayar mulai 12.000 untuk dapat menikmati satu ekor ikan segar yang disajikan dengan nasi dan sejumlah hidangan pelengkap lainnya. Sebelum bersih seperti sekarang, dulunya kotor dan bahkan menjadi tempat pembuangan sampah. Rasa cintanya terhadap lingkungan membuatnya tergerak untuk membersihkan belukar disekitarnya dan ia berinisiatif menaruh gerobak sampah distiap gang perumahan warga sekitar.
"Yang paling berat saat membersihkan adalah mengubah karakter masyarakat sekitar agar tidak membuang sembarangan. Dan baiknya, setelah bersih banyak masyarakat datang, ya sering mandi dan bermain disungai." - kata Bagong.
Melihat antusias masyarakat setempat, Bagong melakukan pembenahan pada sungai tersebut. Sejumlah atraksi airpun ditambah seperti ember tumpah dan mandi bola dan semua bisa dinikmati secara gratis. Namun, lama-kelamaan warga malu mandi dan bermain tanpa bayar akhirnya mulai membayar uang kebersihan sebesar 1000 dan saat sudah tertata dan berjalan baru ada kenaikan menjadi 5000. Namun Area Watergong dirasa kurang luas akhirnya dibuatlah Rivermoon Kalipusur, akhirnya atraksi dipindahkan kesana.

Sekarang Watergong hanya sebagai restoran dan tempat wisata melihat ikan. Letak Watergong sendiri ada di Persawahan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Restoran & tempat wisata itu buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan.


NOTE :Jika ada kesalahan dalam penulisan dan informasi bisa sampaikan melalui komentar atau email redaksi dolanyuks76@gmail.com untuk segera kami perbaiki.

Referensi : KOMPAS.com - dengan perubahan

0 Komentar